Yuk, Jalan-Jalan ke Garut! Banyak Makanan yang Menggoda Lho!

Senin, 18 Juni 2018 - 13:30 WIB
Yuk, Jalan-Jalan ke Garut! Banyak Makanan yang Menggoda Lho!
Yuk, Jalan-Jalan ke Garut! Banyak Makanan yang Menggoda Lho!
A A A
JAKARTA - Potensi wisata Garut terbilang mumpuni. Kota yang diapit pegunungan ini memiliki banyak spot wisata keren. Garut punya segudang pesona yang menarik untuk disambangi. Bahkan, Mentri Pariwisata Arief Yahya mengatakan bahwa garut memiliki semuanya mulai dari pemandangan yang indah hingga udara yang sejuk.

"Garut itu paket lengkap berwisata. Mau liburan seperti apa, Garut punya semua. Pegunungan, air terjun, laut ada semua di Garut. Udaranya juga sejuk, tak salah jika Garut dijuluki Swiss van Java. Maka dari itu kulinernya juga jadi luar biasa. Bukan hanya dodolnya saja yang enak," kata Arief Yahya.

Begitu juga dengan wisata kulinernya dimana tempat makan yang dimiliki Garut sangat bervariasi dengan hidangan yang lezat. Oleh karena itu Garut bisa masuk dalam daftar tujun wisata Anda saat libur Lebaran. Penasaran dengan wisata kuliner di Garut? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Kemenpar.go.id.

1. Pujasega Family Restaurant

Terletak di jalan Otto Iskandar Dinata No 64A, restoran ini menyajikan berbagai menu makanan khas Sunda. Nasi goreng, ayam bakar dan gulai tutut menjadi makanan favorit pengunjung. Untuk tempat duduk, pengunjung bisa memilih di meja atau makan secara lesehan. Selain makanannya enak, tempat ini juga cocok untuk bersantai. Ada tamannya yang indah dilengkapi dengan kolam ikan.

2. Rumah Makan Cibiuk

Pulang ke Garut sepertnya belum afdol jika belum makan sambal cibiuk yang sudah terkenal seperti di rumah makan Cibiuk di Jalan Otto Iskandar Dinata nomor 321, Garut. Salah satu kelebihan tempat ini adalah lokasinya yang luas, serta dilengkapi taman bermain anak. Selain sambal cibiuk, ada juga makanan khas Sunda yang jadi andalan yaitu ayam bumbu dan es kopyor degan dan durian.

3. Pujasega

Restoran bergaya outdoor ini tak hanya bisa memanjakan lidah dengan kuliner tanah pasundan. Karena disini Anda juga bisa menikmati cita rasa western yang diolah dengan bahan lokal. Menu andalan restoran ini mulai nasi timbel dengan ikan asin, menu seafood hingga chicken cordon blue. Karena areanya yang cukup luas, restoran ini cocok menjadi tempat makan bersama keluarga.

4. Mie Bakso Parahyangan

Banyak yang berpendapat bahwa tempat makanan ini menjadi salah satu yang wajib di kunjungi ketika berkunjung ke Garut. Terletak di jalan Ciledug No 35, pengunjung harus rela mengantri. Sementara menu yang banyak disukai adalah mie yamin manis dan somay dengan porsinya besar dan kuah yang mantab.

5. Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang
Menu yang menjadi favorit di rumah makan khas Sunda satu ini adalah gurami cobek. Selain bumbunya yang kuat, sayuran yang digunakan juga segar. Belum lagi pemandangan di sekitar restoran yang indah, membuat pengunjung ingin kembali lagi. Rumah makan ini terletak di tempat wisata Situ Cangkuang, Garut Jawa Barat.

6. Soto Garut Ahri
Pemilik warung soto ini adalah H. Ahri yang mulai menjajakan sotonya sejak 1943 dan sudah diteruskan ke generasi kedua yang merupakan anaknya. Daging sapi yang disiram kuah kaldu berbumbu warna kuning menjadi ciri khas soto Garut. Kuahnya asin gurih dan kental karena kaya bumbu dan rempah. Ciri khas lainnya adalah taburan kacang kedelai goreng saat soto disajikan.

7. Sate Maranggi Pa’ Nur
Tempat makan ini terletak di Jalan Raya Samarang No 119, Garut, Jawa Barat. Tempatnya cukup strategis karena berada di pinggir jalan menuju banyak tempat wisata seperti objek wisata Kamojang Green Resort, Kampung Sampireun dan Kebun Mawar Situ Hampa. Selain daging satenya yang empuk, harga seporsi sate juga terjangkau. Ada tiga pilihan sate yaitu daging ayam, daging kambing dan daging sapi.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3888 seconds (0.1#10.140)